News Update :

Wisatawan ke Toraja Naik 60 Persen

Selasa, 27 Desember 2011





Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara optimis kunjungan wisatawan tahun ini meningkat 60 persen dibanding 2010. Peningkatan didorong event tahunan "Lovely December" yang akan digelar 27-31 Desember 2011.
Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung kepada FAJAR, Jumat 23 Desember, di Ruang Pola Kantor Gubernur mengungkapkan, menjelang Lovely December 2011 arus wisatawan ke Tana Toraja dan Toraja Utara menunjukkan tren peningkatan.

"Sekarang ini hotel full booking. Penginapan untuk tamu mulai sulit didapatkan, padahal tahun lalu kondisinya tidak seperti ini. Untuk mengantisipasi kami juga sudah siapkan rumah warga," jelas bupati.

Data yang ada di Disbudpar Tana Toraja dan Toraja Utara menunjukkan, hingga November 2011 kunjungan wisatawan mencapai angka 60 ribu orang. Padahal per Juni 2011 lalu tak lebih 30.833 orang. Khusus Toraja Utara yang menjadi tuan rumah Lovely December jauh lebih besar karena memang akomodasi seperti hotel dan vila umumnya ada di daerah tersebut.

"Sebagai daerah tetangga kami siap membantu memfasilitasi. Pembukaan Lovely December berupa pesta Natal dan Kembang Api akan dimulai dari Makale lalu seremoni lainnya dilanjutkan di Rantepao," ungkap Theofilus.

Sementara itu, Bupati Toraja Utara Frederik Batti Sorring selaku ketua panitia lokal mengatakan, pihaknya siap menyambut tamu-tamu baik lokal maupun asing. Menurut dia, sebagian peserta dari kabupaten sudah ada di lokasi sembari mempersiapkan "saung" untuk tempat pameran seni dan budaya serta hasil kerajinan masing-masing daerah.

Pemerintah Toraja Utara, kata dia, bahkan menyambut Lovely December dengan meliburkan sekolah pada 29-30 Desember 2011. "Khusus hari puncak kita liburkan anak sekolah agar mereka berpartisipasi meramaikan event-event wisata," kata bupati.

Kunjungan wisatawan Toraja Utara tahun lalu meningkat dibanding 2009 berjumlah 40.295 orang. Dengan rincian, wisatawan mancanegara 20.559 orang dan wisatawan domestik 19.736 orang.

Pihaknya juga optimis target 70 ribu wisatawan akan tercapai hingga akhir 2011. Agustus hingga Desember merupakan bulan kunjungan wisatawan tertinggi ke Toraja.


Sumber : Fajar Online
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Berita Toraja 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.