News Update :

Upacara "Rambu Solo" Daya Tarik Tana Toraja

Sabtu, 07 Januari 2012



Upacara ritual "Rambu Solo" (pesta duka) yang di selenggarakan Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara dalam rangkaian pesta budaya dan pariwisata "Lovely December" 2011 berhasil menjadi daya tarik pariwisata Sulawesi Selatan khususnya Tana Toraja.

Menurut Kadis. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulsel Syuaib Malombassi di Makassar, Jumat, mengatakan, dua pesta Rambu Solo yang digelar di Tana Toraja merupakan rangkaian pesta budaya "Lovely December" pada 28-30 Desember 2011 telah membangkitkan kembali citra pariwisata Sulsel.

"Hal ini merupakan merupakan modal besar kita menyambut tahun kunjungan Sulsel (Visit South Sulawesi) 2012 untuk menjaring kunjungan wisatawan asing dan domestik," ujarnya.

Salah satu acara ritual yang digelar di Tana Toraja akhir tahun 2011 adalah perayaan Rambu Solo almarhumah Agnes Datu Sarunggalo, ibu kandung istri Bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa yang dirayakan cukup meriah.

Keistimewaan acara ritual itu adalah ditampilkannya "Tedong Bonga" (kerbau belang) jenis langka Salego seharga Rp 360 juta. Kerbau Salego berumur 14 tahun untuk pertama kalinya ditampilkan sejak pesta ritual Rambu Solo digelar di Tana Toraja, kata Syuaib.

Satu pesta duka lainnya adalah keluarga AB Tandirerung yang tidak kalah meriahnya menandai pesta budaya akhir tahun Lovely December 2011 yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara menghabiskan dana Rp5,5 miliar.

Bupati Toraja Utara Frederik Batti Sorring mengatakan, Lovely December 2011 menyerap kunjungan 70.000 wisatawan atau naik dua kali lipat dibanding tahun lalu sebanyak 35 ribu orang.

Meningkatnya Jumlah kunjungan wisatawan tersebut menunjukkan bahwa pariwisata Toraja telah bangkit kembali setelah sempat terpuruk beberapa tahun yang lalu.

Seluruh kamar hotel di Toraja Utara dan Tana Toraja penuh. Sebanyak 1.864 kamar hotel di dua daerah itu terisi selama pelaksanaan pesta budaya dan pariwisata akhir tahun tersebut, ujar Bupati Batti Sorring.

Rangkaian pesta budaya dan pariwisata Lovely December 2011 masih berlangsung dan berakhir pada acara tutup tahun menyambut pergantian tahun yang ditandai dengan pesta kembang api di Rantepao, Toraja Utara dan Makale, Tana Toraja.


Sumber : antara news
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright Berita Toraja 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.