News Update :

Festival Kuliner Ma'piong di Toraja Akan Pecahkan Rekor Dunia

Senin, 26 Desember 2011




Panitia penyelenggara Lovely Desember membuat gebrakan baru dalam perayaannya tahun ini. Gebrakan tersebut yakni dengan mengundang Musium Rekor Dunia Indonesia (Muri) dalam rangka pelaksanaan Festival Kuliner Ma’piong di Rantepao, Selasa (27/12/11) mendatang.

Ditargetkan, dalam festival kuliner ini akan diikuti oleh ribuan orang dan akan dicatat sebagai festival kuliner daerah terpanjang dan terbanyak. Selain itu, disaat festival, nantinya makanan khas daerah Toraja ini akan dibagi bagikan kepada setiap orang yang ada di lokasi pelaksanaan untuk makan bersama.

Untuk diketahui, tradisi kuliner Ma’piong adalah memasak makanan seperti layaknya makanan biasa namun dengan menggunakan media bambu sebagai wadah untuk memasak. Bahan berupa daging dan sayuran dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar hingga bahan tersebut matang.

Selain melaksanaan festival kuliner Ma’piong,

panitia juga menggelar tarian adat massal serta pegelaran alat musik bambu yang merupakan tradisi khas Toraja.

Bupati Toraja Utara Frederik Batti Sorring saat konfrensi pers dalam rangka Kegiatan Lovely Desember, Selasa (13/12/11) siang tadi mengatakan diharapkan kegiatan ini dapat memacu kembali kesadaran masyarakat dalam melestarikan budaya Toraja, selain itu diharapkan dapat menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Toraja Utara.


Sumber : luwuraya
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Berita Toraja 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.